Konsep Implementasi Kebijakan Publik

Tahapan implementasi sebuah kebijakan merupakan tahapan yang krusial, karena tahapan ini menentukan keberhasilan sebuah kebijakan. Tahapan implementasi perlu dipersiapkan dengan baik pada tahap perumusan dan pembuatan kebijakan.

Implementasi sebuah kebijakan secara konseptual bisa dikatakan sebagai sebuah proses pengumpulan sumber daya (alam, manusia maupun biaya) dan diikuti dengan penentuan tindakan-tindakan yang harus diambil untuk mencapai tujuan kebijakan. Rangkaian tindakan yang diambil tersebut merupakan bentuk transformasi rumusan-rumusan yang diputuskan dalam kebijakan menjadi p0la-pola operasional yang pada akhirnya akan menimbulkan perubahan sebagaimana diamanatkan dalam kebijakan yang telah diambil sebelumnya.  Hakikat utama implementasi adalah pemahaman atas apa yang harus dilakukan setelah sebuah kebijakan diputuskan.

Tahapan ini tentu saja melibatkan seluruh stake holder yang ada, baik sektor swasta maupun publik secara kelompok maupun individual. Implementasi kebijakan meliputi tiga unsur yakni tindakan yang diambil oleh badan atau lembaga administratif; tindakan yang mencerminkan ketaatan kelompok target serta jejaring sosial politik dan ekonomi yang mempengaruhi tindakan para stake holder tersebut. Interaksi ketiga unsur tersebut pada akhirnya akan menimbulkan dampak baik dampak yang diharapkan maupun dampak yang tidak diharapkan.

Hasil akhir implementasi kebijakan paling tidak terwujud dalam beberapa indikator yakni hasil atau output yang biasanya terwujud dalam bentuk konkret semisal dokumen, jalan, orang, lembaga; keluaran atau outcome yang biasanya berwujud rumusan target semisal tercapainya pengertian masyarakat atau lembaga; manfaat atau benefit yang wujudnya beragam; dampak atau impact baik yang diinginkan maupun yang tak diinginkan serta kelompok target baik individu maupun kelompok.

Selanjutnya… Implementasi Kebijakan Publik: Aspek, Komponen, Aktifitas dan Tahapan

12 responses to “Konsep Implementasi Kebijakan Publik

  1. assalamualaikum…

    mas saya mohon ijin untuk memasukkan artikel mas ini kedalam skripsi saya,,kebetulan saya meneliti tentang implementasi suatu kebijakan…

    saya minta saran dari mas,, saya bisa mencari buku-buku apa saja yang sekiranya cocok untuk referensi untuk skripsi saya..maksi banyak sebelumnya,,,tolong segera di balas..

    wassalamualaikum…

    • Sdri. Ayu Surayah, silakan anda kutip artikel ini. Untuk buku yang cocok dengan skripsi Anda, saya sendiri tidak bisa menjawab secara tepat, mengingat saya sendiri tidak tahu tema skripsi Anda, tapi secara umum jika anda mencari referensi tentang Kebijakan Publik, mungkin buku Thomas Dya, Understanding Public Policy bisa menjadi acuan Anda.
      Terima kasih

  2. saya da bantu cari bahan buat tesis abang saya, yang kaitannya dengan keberhasilan implementasi kebijakan PNPM.PM. kami mohon izin untuk mengkutip artikelnya Anda.

  3. Kepada kedua rekan yang meminta izin pengutipan, kami persilahkan untuk mengutip artikel ini, dengan memperhatikan kaidah keilmuan; mengingat anda berdua memanfaatkan kutipan tersebut untuk pekerjaan akademik. Saya berharap agar tulisan sederhana saya ini bermanfaat untuk sidang pembaca sekalian.

  4. Assalamualaikum, Wr Wb
    Salam kenal mas, saya bermaksud untuk mengadakan penelitian mengenai kajian proses implementasi kebijakan.
    Mohon saran literatur yang tepat untuk digunakan

    Terima kasih
    Wassalamualaikum, wr. Wb

    • Kepada Sdr Firman, Sdri Sri Utakari, Sdri. Wienny, kami persilahkan anda semua untuk mengutip tulisan sederhana saya ini tentu saja dengan kaidah keilmuan yang berlaku

  5. mas,saya sedang membuat tesis dgn tema implementasi kebijakan pendidikan gratis.mohon bantuan mas untuk mengirimkan artikel tentang pendidikan gratis.maksih

    • Yth. Sdri. Zainab, saya memiliki beberapa literatur tentang pendidikan, namun demikian saya tidak memiliki literatur khusus tentang pendidikan gratis. Dalam beberapa buku tentang kebijakan publikpun pendidikan gratis jarang disebut, namun bagaimana membagi biaya pendidikan antara negara, swasta dan masyarakatlah yang penting. Apabila anda berminat, mohon dikomunikasikan via japri di hy.kurniawan@gmail.com

Leave a Reply

