The Story of Three Cities…

Washington DC:

Sidang Senat dan DPR AS yang telah menghangat, makin dipanaskan oleh kemenangan Senator Republikan Scott Brown di Negara Bagian Massachusetts. Optimisme kubu Partai Demokrat yang meredup untuk mengegolkan rancangan UU Kesehatan makin mengecil karena kemenangan Senator Brown tersebut.

Tokyo:

Sidang Diet (parlemen) Jepang dibuka beberapa hari lalu. Tanggal 23 Jan. 10 debat Komisi Anggaran Majelis Rendah dimulai. Kubu [lagi-lagi] Partai Demokrat Jepang di bawah komando PM Hatoyama mulai digoyang oleh kubu Liberal Demokrat yang saat ini menjadi oposan. Isu penggelontoran uang dana kampanye untuk tokoh-tokoh DPJ antara lain PM Hatoyama dan Sekjen DPJ Ichiro [bukan Maria] Ozawa menjadi topik hangat di lantai Parlemen.

Jakarta:

Perhatian nasional saat ini sedang terpusat pada Sidang yang diselenggarakan oleh Panitia Khusus Angket Century yang dibentuk DPR. Pansus ini diamanahi untuk menyelidiki kasus Century selama 2 bulan dan diharapkan mampu menyelamatkan dana 6,3 trilyun rupiah yang telah dialirkan secara tidak wajar ke Bank Century tersebut.

Pemerintahan Partai Demokrat AS di bawah pemerintahan Presiden Barrack Obama saat ini sedang mengalami tantangan sebagai akibat inisitatif Presiden Obama mengajukan proposal UU Sistem Kesehatan baru. Sebagai akibat dari proposal tersebut, Badan Anggaran Senar AS memperkirakan Pemerintah AS akan menambah defisit anggaran sebanyak USD 239 milyar dalam jangka waktu 2010 – 2019.

Proposal ini menimbulkan kontroversi di Parlemen AS, baik di House of Representative maupun di Senat. Pada awal bulan November 2009, HoR mengeluarkan RUU Kesehatan versi sendiri sedangkan pada akhir bulan Desember 2009 Senat mengeluarkan RUU Kesehatan versi Senat. Kedua RUU yang dihasilkan HoR dan Senat ini akan direkonsiliasikan pada awal tahun 2010, namun dengan kejutan terpilihnya Senator Scott Brown dari Partai Republik, peluang pengesahan RUU tersebut sedikit menyurut.

Politik Jepang tahun 2009 – 2010 juga mengalami kejutan dengan kemenangan partai Demokrat (Democratic Party of Japan/DPJ). Kejayaan partai Liberal Demokrat (LDP) selama 54 tahun dihentikan oleh kemenangan DPJ pada pemilu di akhir tahun 2009. Beberapa analis menyatakan bahwa kemenangan DPJ merupakan imbas dari perubahan yang terjadi di AS. Kemenangan Obama dari Partai Demokrat dengan slogan “Change, yes we can” menginspirasi publik Jepang yang telah “muak” dengan kebijakan LDP yang terlalu lama mendominasi politik Jepang. Penampilan DPJ dengan janji surganya (penurunan tarif jalan tol, dukungan finansial bagi keluarga muda, berbagai subsidi untuk rakyat) telah menarik hati publik pemilih Jepang.

Namun demikian, sebagaimana rezim pemerintahan di Jepang, pemerintahan baru DPJ di bawah komando PM Hatoyama didera oleh skandal suap. PM Hatoyama sendiri ditengarai menerima dana ilegal dari ibunya yang digunakan sebagai dana kampanye. Tokoh DPJ lainnya yaitu Sekjen DPJ Ozawa Ichiro juga dituduh menerima dana ilegal untuk kepentingan kampanye.

Di Indonesia sendiri, pasca kemenangan Partai Demokrat dalam pemilu legislatif April 2009 dan kemenangan Capres-wapres SBY dan Boediono dalam pilpres September 2009, berhembus isu tidak sedap dimana terungkap adanya aliran dana tidak wajar untuk penyelamatan Bank Century. Menkeu sebagai pemimpin lembaga pemerintahan yang bertanggung jawab untuk pemberian dana tersebut berkilah bahwa Bank Century cukup berharga untuk diselamatkan karena ambruknya bank tersebut akan berdampak sistemik dan mengakibatkan hilangnya kepercayaan publik terhadap kinerja perbankan di Indonesia. Namun, isu berhembus bahwa kesulitan likuiditas yang diderita Bank Century dikarenakan bank tersebut menjadi “sapi perah” dan dananya digunakan sebagai dana kampanye pemilu lalu.

Kasus ini makin memanas karena terjadi “benturan” antara penyidik KPK dengan Polri dimana KPK telah mencium dugaan penyuapan terhadap beberapa petinggi Polri dalam penyelidikan kasus tersebut. Sebagai “balasannya” Polri menahan 2 anggota KPK dengan tuduhan penyalahgunaan wewenang. Kejadian ini dikenal luas sebagai kasus cicak vs buaya.

Terkait dengan dugaan korupsi dalam kasus bail-out Bank Century, DPR pada 4 Desember 2009 membentuk Panitia Khusus Angket Century. Panitia Khusus yang tersusun atas 8 politisi Demokrat, 6 politisi Golkar, 4 politisi PKS, politisi dari PAN, PKB dan PAN masing-masing 2 orang dan politisi dari Gerindra dan Hanura 1 orang. Setelah memanggil sederet tokoh dan saksi kunci, Pansus Century diharapkan akan mengumumkan hasil penyelidikannya pada akhir bulan Januari 2010.

Dari fenomena ketiga metropolitan dunia tersebut, terlihat postulat yang dikemukakan oleh Lord Acton terbukti…”Power tends to corrupt, absolute power corrupts absolutely…” Kemenangan ketiga partai yang kebetulan mengklain dirinya sebagai Partai Demokrat yang mengusung kata-kata perubahan pada akhirnya memang belum menimbulkan kepuasan bagi rakyat di ketiga negara. Entah karena para penguasanya terlalu cepat silau dengan kekuasaan atau memang publik masing-masing negara yang susah dipuaskan…

2 responses to “The Story of Three Cities…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s